Selasa, 02 Juli 2019

ETIKA PROFESI : PROFESI LULUSAN TEKNIK MESIN

PROFESI LULUSAN SARJANA TEKNIK MESIN

Contoh pekerjaan bagi seorang lulusan sarjana teknik mesin adalah sebagai seorang manajer control kualitas sistem. Apa itu manajer control kualitas sistem?

Manajer Kontrol Kualitas Sistem

Tugas dari seorang manajer control kualitas system adalah merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan program jaminan kualitas. Merumuskan kebijakan kontrol kualitas dan mengontrol kualitas dari upaya laboratorium dan produksi, Mengumpulkan dan menganalisa sampel produksi untuk mengevaluasi kualitas, Menganalisa hasil pengujian kontrol kualitas dan menyediakan tanggapan dan interpretasi kepada manajemen atau staf produksi, Menghentikan produksi apabila terdapat cacat produk yang serius. Memantau kinerja dari sistem kontrol kualitas untuk memastikan efektivitas dan efisiensi kerja, Mengkomunikasikan informasi kontrol kualitas kepada seluruh departemen organisasi yang relevan, diluar vendor dan kontraktor.

Contoh Pekerjaan Seorang Seorang Manajer Kontrol Kualitas Sistem :

Direktur QA, Manajer Lab, Manajer QA, Kontrol Kualitas, Supervisor Kontrol Kualitas, Direktur Kualitas, Manajer Laboratorium, Manajer Jaminan Kualitas, Manajer Kontrol Kualitas, Manajer Kualitas.

Pengetahuan Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Manajer Kontrol Kualitas Sistem :

a.       Administrasi dan Manajemen
Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

  b.  Administratif
Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.

c. Kimia
Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

d. Layanan Pelanggan dan Personal
Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

e. Bahasa Inggris
Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Keterampilan Yang Harus Dimiliki  Oleh Seorang Manajer Kontrol Kualitas Sistem :

a. Aktif Mendengarkan 
Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat.

b. Pertimbangan & Pengambilan Keputusan
Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

c. Memantau
Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

d. Analisis Kontrol Kualitas 
Melakukan tes dan inspeksi produk, layanan, atau proses dalam rangka mengevaluasi kualitas atau kinerja.

e.  Pemahaman Membaca
Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar